General Affairs Professional

May 29, 2024

General Affairs Professional

Jadwal Pelatihan General Affairs Professional

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Pendahuluan

Bagian Umum merupakan tangan kanan operasional dari Departemen HRD, karena beberapa pekerjaannya sangat membantu kelancaran Operasional dan merupakan tugas-tugas pelayanan di Bidang SDM, tetapi di beberapa perusahaan Divisi GA berdiri sendiri dan tidak dalam lingkup HRD. Bahkan di beberapa perusahaan besar atau sedang (terutama bidang industri yang padat karya), GA juga menangani permasalahan Hubungan Industrial (Industrial  Relation) baik untuk menyelesaikan masalah internal (kekaryawanan) maupun masalah dengan lingkungan sekitar lokasi pabrik/perusahaan (eksternal). Sesuai namanya, Divisi General Affair (GA) atau Divisi Umum merupakan supporting unit yang bertujuan memberikan pelayanan-pelayanan kepada unitunit kerja lain. Bahkan pada umumnya, GA melayani seluruh unit kerja di perusahaan (bersifat shared service) dalam hal administrasi dan pengelolaan pelayanan rutin kantor.

Manajemen Asset diartikan sebagai suatu kegiatan manajemen dalam mengelola penggunaan dana yang ditujukan dalam rangka meningkatkan kontrol atau pengawasan terhadap aktiva tetap dan revaluasi aktiva tetap yang disesuaikan dengan nilai wajar yang berbasis pada nilai pasar. Asset Management yang efektif akan memberikan kontribusi pada efisiensi penggunaan kapital, nilai ekonomi sumber daya, produktifitas, dan kualitas serta merupakan masukan yang berharga bagi pengambilan keputusan strategi sehingga dapat mengelola asset yang dimiliki secara efisien. Dengan demikian, diharapkan akan dapat dicapai produktifitas maksimum melalui seluruh siklus hidup asset.

Tujuan

Setelah mengikuti program pelatihan ini bertujuan untuk:

  • Memberi pemahaman tentang tanggung jawab dan tugas Divisi General Affair sehingga peserta dapat meningkatkan kinerjanya.
  • Memberikan pemahaman tentang masalah-masalah yang mungkin timbul dalam Divisi General Affair dan bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut.
  • Memahami fungsi dan peran manajerial GA di dalam organisasi dalam mencapai sasaran serta melaksanakan strategi organisasi yang telah ditetapkan.
  • Mampu menganalisa kinerja GA serta menetapkan area yang masih memerlukan peningkatan dengan cara menganalisa masalah yang sering
    dihadapi General Affairs.
  • Mampu menetapkan kompetensi standar yang harus dimiliki oleh profesional General Affairs.
  • Mampu menetapkan standar pelayanan yang menjadi tugas & tanggungjawab General Affairs.
  • Menjelaskan kepada peserta mengenai pentingnya pengelolaan aset (aktiva tetap) dilakukan secara professional.
  • Membekali peserta dengan berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian asset, memahami struktur organisasi beserta tugas dan tanggung-jawab pengelola asset, teknik penilaian aset dan penyusutannya, dsb.
  • Secara umum pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan pesertanya dalam mengelola aktiva tetap perusahaan.

Materi

  1. Definisi General Affair
  2. Tugas, Fungsi dan Tanggung Jawab General Affair
  3. Aspek dan Ruang Lingkup General Affair
  4. Komunikasi Internal dan Eksternal
  5. Masalah yang akan Timbul di dalam General Affair
  6. Antisipasi Masalah & Penyelesaian Masalah
  7. Menetapkan Kompetensi General Affair
  8. Menilai Kinerja General Affairs dari Sisi Proses dan Sistem
  9. Menerapkan Kebijakan ke dalam Sistem di General Affairs
  10. Meningkatkan Kinerja dan Citra General Affairs
  11. Apa itu Facility Management – General Affair Management
  12. Mengukur Kinerja Kantor – Facility Performance Evaluation
  13. BPE (Building Performance Evaluation Model)
  14. Lingkup Penugasan General – Facility Management
  15. Standar dan Pengendalian Sistem Operasional Bangunan Fisik
  16. Panduan Teknis Terkait Fasilitas
  17. Disaster Recovery Planning
  18. enis Layanan yang Menjadi Tugas & Tanggung Jawab General Affairs
  19. Dasar-dasar Manajemen Asset
  20. Struktur Organisasi Pengelolaan Asset
  21. Analisis Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Asset
  22. Unsur Pengendalian Internal
  23. Dokumen dalam Transaksi Aktiva Tetap

Training Method

Pre Test

Presentation

Discussion

Case Study

Post Test

Evaluation

Facilities

Training Kit

Handout

Certificate

1x Lunch & 2x Coffee Break

Souvenir

Form Registrasi Pelatihan / Training

Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan General Affairs Professional, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:

  • (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
  • 0811 2938 847

Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini:

General Affairs Professional
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!