PT SAMUDRA KARYA MUSTIKA
Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
Ada dua pendekatan dalam usaha pencegahan dan pengendalian kecelakaan kerja yang dapat dilakukan. Cara pertama dilakukan dengan melakukan investigasi terhadap suatu kecelakaan yang terjadi untuk mencari akar masalahnya (root causes), lalu membuat program untuk mencegah kecelakaan yang sama terulang kembali di masa yang akan datang. Cara ini dikenal dengan pendekatan reaktif. Cara kedua adalah dengan melakukan identifikasi bahaya atau kemungkinan terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, lalu dianalisa dan dievaluasi tingkat resikonya (peluang dan konsekuensinya) untuk menentukan porioritas dan usaha-usaha atau program pencegahaan dan pengendalian kecelakaan yang perlu dilakukan. Cara kedua ini dikenal dengan pendekatan proaktif. Dalam prakteknya kedua pendekatan ini dilakukan secara simultan dan dikenal dengan pendekatan “Trending”.
Pelatihan ini dirancang fokus pada pencegahan dan pengendalian kecelakaan dengan pendekatan kedua. Ada beberapa metode dan alat yang digunakan untuk melakukan penilaian dan pengendalian resiko seperti identifikasi bahaya, penilaian dan pengendalian resiko, HAZOPS, FMEA, Checklist, What If, Fault Tree Analysis, Event Tree Analysis, Cause Consequences Analysis, dan lain sebagainya. Beberapa metode yang umum digunakan di berbagai perusahaan akan dibahas dalam pelatihan ini termasuk Analisa Keselamatan Kerja (JSA). Aplikasi komputer (database system) untuk Risk Assessment dan Management, HAZOPS dan Job Safety Analysis (JSA) akan diperkenalkan dan diberikan secara cuma-cuma kepada peserta pelatihan untuk lebih memudahkan dalam memahami dan melakukan identifikasi bahaya, penilaian dan pengendalian resiko.
1. Persyaratan Sistem Manajemen Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja tentang Risk Assessment & Management
2. Pengantar dan Prinsip-prinsip Identifikasi Bahaya atau Dampak Lingkungan, Penilaian dan Pengendalian Resiko
3. Metode atau Alat untuk Risk Assessment and Management
4. Aplikasi Komputer (Database System) untuk Risk Assessment & Management (HIRAC, HAZOPS and JSA)
5. Workshop Risk Assessment and Management Menggunakan Aplikasi Komputer
Occupational Health & Safety Management System (OHSMS) coordinators or team members in an organisation tasked with identifying hazards and carrying out risk assessments.
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch (1x)
Coffee Break (2x)
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)
Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA), anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:
Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini: