Effective Communication Skills

July 18, 2019

Effective Communication Skills

Jadwal Pelatihan Effective Communication Skills

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Pendahuluan

Komunikasi adalah keterampilan dasar yang diperlukan untuk dapat berinteraksi dengan optimal di tempat kerja, atau dengan para klien. Permasalahan yang sering muncul dalam kaitan dengan kerja sama, hubungan atasan-bawahan, ataupun hubungan antara departemen di dalam organisasi, bahkan hubungan dengan klien, lingkungan luar seringkali disebabkan oleh kurangnya kemampuan untuk melakukan komunikasi dengan baik. Baik itu pemilihan kata, cara berkomunikasi, etika komunikasi, intonasi suara, maksud dari komunikasi yang kurang jelas ataupun kemampuan mengekspresikan pendapat dengan jelas, serta kita tidak mengenal karakter lawan bicara kita, sehingga menyulitkan dalam komunikasi.

Pelatihan Komunikasi Efektif ini di desain untuk menjadi dasar bagi pelatihan komunikasi yang diperlukan oleh semua karyawan untuk segala level. Hampir 90% aktivitas kita digunakan untuk berbicara dengan orang lain. Baik itu secara face to face ataupun melalui telepon. Berbicara dengan orang lain bisa dikatakan susah-susah gampang. Karena kita harus menjelaskan apa yang ada di kepala kita agar lawan bicara kita dapat menangkap dan mengerti apa yang kita sampaikan.

Masalahnya, kadang-kadang kita sulit untuk mendeskripsikan apa yang hendak kita utarakan, karena selain ada perasaaan/emosi yang ikut bermain, karakteristik kita dan lawan bicara yang berbeda menyebabkan pembicaraan menjadi tidak lancar, belum lagi jika berhadapan dengan orang yang ”difficult”. Ditambah lagi kita cenderung tidak mau mendengarkan apa yang lawan bicara kita sampaikan sehingga menyebabkan timbulnya konflik dan mis-understanding.

Dalam pelatihan ini akan dibahas bagaimana seni berkomunikasi yang baik dan efektif, selain itu juga diajarkan tentang Presentation Skills. Dalam bidang komunikasi kegiatan presentasi merupakan salah satu bagian penting yang harus dikuasai dan anda akan mempelajarinya. Saat memberikan presentasi, ternyata seringkali banyak masalah yang mengganggu sehingga presentasi tidak berjalan sempurna. Padahal banyak hambatan yang seharusnya bisa dihindari sehingga tidak mengganggu jalannya presentasi.

Berbagai hal yang mengganggu atau tidak enak dilihat sebenarnya hanya akibat dari grogi, tidak percaya diri, cara memberikan presentasi yang monoton, atau kurang menarik, suasana yang kaku dan terlalu serius, dan sebagainya. Hal ini bisa dihindari dengan cara membuat setiap peserta aktif dan cara memberikan presentasi yang menarik sehingga tidak membosankan. Pembawa presentasi harus bisa menguasai audience, klien/peserta, ruangan, dan menjadi pusat perhatian sehingga klien/peserta mampu menangkap isi presentasi lebih mudah dan cepat.

Outline Materi

  • Proses Komunikasi, Hambatan Komunikasi
  • Building Blocks yang Menghambat Seseorang untuk Berkomunikasi dengan Baik
  • Sikap Mental dan Etika, Percaya Diri
  • Baby Eyes Method (Teknik Efektif dalam Mindset Komunikasi)
  • Menciptakan Kesan yang Baik dalam Berkomunikasi
  • Ketrampilan Mendengarkan Empatik dan Bahasa Tubuh
  • Komunikasi Asertif
  • Membangun Keakraban secara Cepat
  • Memahami Karakter dan Mengenali Lawan Bicara
  • Cara Menghadapi Orang Golongan “Difficult People”
  • Cara Menyampaikan Pesan, Keberatan, Sanggahan atau Usulan
  • Memanfaatkan Ekspresi Wajah, Ekspresi Mata, Suara
  • Penguasaan 3V (Visual, Verbal, Vokal)
  • Listening Skills, Latihan Body Language
  • Tata Karma dalam Berkomunikasi
  • Pemilihan Kata/Kalimat yang Membangun, Efektif dan Positif
  • Hal-hal yang Dilarang/Tidak Baik dalam Berkomunikasi
  • Struktur Content dalam Komunikasi: Mengajukan Pertanyaan, Mengajukan Keberatan, Menyampaikan Masukan
  • Mempersiapkan dan Membuat Bahan Presentasi dengan Mind Map
  • Cara Memberikan Presentasi
  • Sikap Tubuh yang Sempurna dalam Memberikan Presentasi
  • Sikap Mental dan Etika, Percaya Diri dalam Presentasi
  • Cara Meningkatkan Percaya Diri Secara Instan dan secara Permanen
  • Tampil Menarik dan Professional
  • Membuka, Mengisi dan Menutup Presentasi
  • Memanfaatkan Ekspresi Wajah, Ekspresi Mata, Suara dan lainnya
  • Penguasaan Vokal, Intonasi Suara, Kecepatan Suara
  • Membaca dan Menguasai Suasana Ruangan
  • Bagaimana Mengatasi Demam Panggung
  • Teknik-teknik Energizer
  • Praktek Presentasi
  • Kecerdasan Komunikasi Verbal dan Non Verbal dalam Menyampaikan Pesan dengan Efektif
  • Berjiwa Besar dan Terbuka dalam Menerima Sikap Kritis
  • Mengelola Kekompakan dan Menjaga Kualitas Hubungan Kerja yang Harmonis
  • Menciptakan Lingkungan Kerja yang Efektif, Efisien, Kreatif, Produktif dan Berkinerja

Training Method

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

Facility

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch (1x)

Coffee Break (2x)

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

Form Registrasi Pelatihan / Training

Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan Effective Communication Skills, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:

  • (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
  • 0811 2938 847

Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini:

Effective Communication Skills
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!