Agustus 2020e-BankingE-LearningPerbankan & Koperasi

E-Learning – Optimalisasi Fitur Elektronik Perbankan

Jadwal Pelatihan E-Learning – Optimalisasi Fitur Elektronik Perbankan

TanggalTempatKota
25 - 26 Agustus 2020--

Deskripsi

Teknologi di dunia perbankan, Electronic Banking, atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan melalui media internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via website. Lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya. Selain melalui sarana internet, pemanfaatan mesin ATM merupakan salah satu sarana pelayanan yang memudahkan nasabah dalam kegiatan transaksi perbankan untuk pembayaran e-Banking.

Seiring dengan persaingan yang semakin ketat antar bank yang satu dengan yang lain, kualitas pelayanan yang tinggi termasuk di dalamnya pelayanan ATM, merupakan sebuah tuntutan. Persaingan usaha dunia perbankan di Indonesia dalam menjaring nasabah sebayak-banyaknya berdampak pada semakin tingginya tuntutan pelayanan yang harus disediakan oleh bank. Dengan jumlah bank dan kantor cabang yang cukup banyak dan produk yang ditawarkan bank beragam, kualitas pelayanan memang masih ampuh bagi bank untuk mempertahankan nasabah atau mendapatkan nasabah baru. Kualitas pelayanan sangat penting dalam bisnis perbankan. Bank-bank semakin bersaing dalam merebut customer based dengan mengandalkan kualitas pelayanan.

Selain menawarkan berbagai macam produk, perbaikan di sisi teknologi informasi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Semua itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan akhirnya diharapkan mampu menjaring dana masyarakat. Salah satu sarana pelayanan yang memudahkan nasabah dalam kegiatan transaksi perbankan adalah fasilitas mesin EDC (Electronic Data Capture).

Seiring dengan persaingan yang semakin ketat antar bank yang satu dengan yang lain, kualitas pelayanan yang tinggi termasuk di dalamnya layanan kemudahan pembayaran, merupakan sebuah tuntutan. Pelatihan ini membahas berbagai kegunaan dan kelebihan mesin EDC sebagai sarana memberikan keleluasaan bertransaksi pada nasabah.

Manfaat

  1. Peserta dapat lebih memahami tentang bagaimana pemanfaatan teknologi E-Banking sebagai tekhnologi informasi dalam dunia bisnis disesuaikan dengan regulasi pemerintah.
  2. Peserta akan semakin memahami fitur-fitur yang ada dalam ATM dan Mesin EDC, sistem analisis dan monitoringnya.
  3. Peserta juga akan mengetahui jenis-jenis masalah-masalah yang muncul dalam penyalahgunaan e-banking serta langkah-langkah yang benar dalam mengatasi fraud dan costumer complain.

Materi

1. Pengantar Teknologi Perbankan

  • Tuntutan Layanan Perbankan Modern
  • Tuntutan Informasi Perbankan Modern

2. Pengembangan Teknologi Informasi Dunia Perbankan

3. Regulasi Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan Terkait dengan Transaksi Elektronik Perbankan

4. Aplikasi Teknologi Informasi Dunia Bisnis

  • E-Banking
  • E-Commerce
  • Enterprise Resource Planning (ERP)

5. Infrastuktur Sofware, Hardware dan Jaringan

6. Keuntungan Menggunakan Teknologi Pembayaran E-Banking

7. Jenis Mesin ATM dan Kartu ATM

8. Fitur Transaksi ATM

  • Aktivasi PIN
  • Cek Saldo
  • Tarik Tunai
  • Transfer antar Bank
  • Pembayaran Tagihan

9. Sistem Analisis Program (Operator, User, Bank)

10. Sistem AMS (ATM-Monitoring System)

11. Pengenalan Type dan Spesifikasi Mesin EDC

12. Prosedur Pengajuan Mesin EDC oleh Pengusaha

13. Mekanisme Penggunaan Mesin EDC

  • Mekanisme Transaksi dengan kartu Debit (Kartu ATM)
  • Mekanisme Transaksi dengan Kartu Kredit
  • Mekanisme Transaksi dengan Kartu Prepai

14. Fitur Transaksi Mesin EDC

15. Perintah Bayar (Settlement)

16. Fasilitas yang Diberikan Bank Penerbit Kartu

  • International (Visa, Mastercard, Dinner Club, Amex, JCB)
  • Lokal Indonesia (BCA Card)

17. Sistem Keamanan Data Transaksi

18. Penyalahgunaan yang Sering Terjadi dalam Teknologi Pembayaran E-Banking

  • Typo-site
  • Keylogger

19. Prinsip Perlindungan Nasabah

20. Studi Kasus Fraud dalam Perbankan, Bagaimana Menghindari Kejahatan dan Kecurangan dalam Transaksi serta Hak-hak Bank dalam Menanganinya

 

Form Registrasi Pelatihan / Training

Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan E-Learning – Optimalisasi Fitur Elektronik Perbankan, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:

  • (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
  • 0811 2938 847

Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini:

E-Learning – Optimalisasi Fitur Elektronik Perbankan
Tags

Related Articles

Close