Public Relations Management

September 7, 2022

Public Relations Management

Jadwal Pelatihan Public Relations Management

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Pendahuluan

Sebagai salah satu akibat dari kemajuan teknologi yang mampu merubah tatanan kehidupan manusia, Public Relations atau PR sudah merupakan fenomena dan sekaligus kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Dalam dunia usaha maupun organisasi lainnya, Public Relations (Hubungan Masyarakat) kini telah menjadi bahan yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan.

Kegiatan PR yang meliputi berbagai fungsi, konsep dan teknik-teknik pelaksanaannya telah berkembang menjadi ‘suatu lembaga’ yang dianggap harus ada untuk mendampingi organisasi, apapun bentuk organisasi tersebut. Sekarang ini, kehidupan sudah menjadi sedemikian kompleksnya, sehingga apa yang dikatakan atau apa yang dikehendaki, agar bisa terpenuhi, manusia maupun organisasi mutlak mendapatkan pengertian atau bahkan kalau mungkin dukungan dari pihak lain, terhadap apa yang dinyatakan. Pengertian, apalagi dukungan, dari berbagai pihak yang latar belakangnya bervariasi, makin lama makin sulit untuk didapatkan. Apa yang sering dilakukan adalah menberitahukan kepada khalayak umum tentang ‘siapa dan bagaimana diri kita’. Kegiatan semacam ini, lazimnya disebut PUBLISITAS, yang merupakan salah satu tahap dari keseluruhan kerja PR.

Dalam perkembangannya, PR tidak lagi hanya berfungsi memberitahukan kepada pihak lain tentang siapa dan bagaimana diri kita, tetapi juga memberitahukan kepada ‘kita’ tentang apa dan bagaimana pendapat atau pikiran lain terhadap ‘diri kita’. Dengan demikian kita menjadi mampu merencanakan tindak lanjut dalam usaha kita mencapai tujuan organisasi yang meliputi apa yang harus dilakukan, bagaimana caranya dan dengan sarana apa sebagai pendukung. Seluruh kegiatan tersebut merupakan mata rantai kerja PR. Jadi, diperlukan usaha peningkatan ketrampilan untuk merancang dan mempengaruhi publik, yang dapat dilakukan dengan mengikuti suatu seminar intensif.

Tujuan Pelatihan

Agar memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, untuk mendapatkan pengertian dan dukungan, disertai dengan kemampuan untuk mengevaluasi perilaku masyarakat, mengidentifikasikan kebijaksanaan dan prosedur organisasi sesuai dengan kepemtingan masyarakat

Materi

1. Ruang Lingkup Manajemen CSR

2. Stakeholder Satisfaction dan Pengembangannya

3. Konsep CSR, Konsep Comdev, Konsep Charity Program

4. Pengembangan Konsep CSR ke CSM (Customer Social Mangement)

5. Identifikasi dan Penyusunan Program CSR

6. Pengembangan KPI CSR

7. Peranan Public Relations dalam Operasi Perusahaan

  • Fungsi dan Peranan PR
  • Manfaat Public Relations
  • Kedudukan PR dalam Organisasi

8. Psikologi Public Relations

  • Dua Faktor Karakteristik Masyarakat Sasaran
  • Psikolosi Pesan dan Strukturnya
  • Sistem Komunikasi antar Individu (interpersonal Communications)

9. Manajemen dan Kode Etik Public Relations

  • Menyadari Sasaran Umum PR
  • Tahap-tahap yang Dibutuhkan
  • Kode Etik IPRA
  • Kode Etik Perilaku Berdasarkan Sidang IPRA

10. Perencanaan Kerja PR

  • Proses Kegiatan PR
  • Langlah-langkah Kegiatan
  • Hambatan-hambatan

11. Management Crisis

  • Apa itu Krisis
  • Katagori Krisis dan Bentuknya
  • Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan/Lembaga/Institusi
  • Penanggulangan Krisis
  • Masa dan Setelah Krisis

12. Corporate Image Identity

  • Membentuk Opini Publik
  • Hal Membentuk Citra Perusahaan/Lembaga/Institusi
  • Sifat dari Opini Publik

13. Protokoler

  • Pengertian Protokoler dan Hubungan Dengan Kegiatan PR
  • Pemahaman tentang Tata Tertib dan Etiket Keprotokoleran
  • Ruang Lingkup Tugas Kegiatan Protokol
  • Tata Krama Pergaulan Bisnis, Dasar Pelaksanaan Protokol
  • Persiapan-persiapan Fisik

14. Public Speaking and Master of Ceremony

  • Thema Acara: Keperluan Petugas Master of Ceremony
  • Master of Ceremony dalam Upacara
  • Acara Resmi, Semi Resmi, Acara Hiburan
  • Bahasa Protokoler – Resmi dan Bahasa Komunikatif Table Manner

15. Media Relations, Press Release dan Pidato

  • Pengertian dan Kegiatan
  • Menulis Press Release
  • Jenis-jenis Pidato
  • Pidato, Format Dasar – General Model dan Model Rinci

16. Press Conference – Tindak Lanjut Media Relations

  • Mengapa Press Conference
  • Beberapa ‘tipe’ Penyelenggaraan
  • Aktifitas yang Terjadi

17. Study Case dan Diskusi

Target Peserta

Pimpinan perusahaan dan pihak pengambil kebijakan, Manajer Humas atau PR, Staff Humas atau PR, semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar penulisan jurnalistik

Training Method

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

Facilities

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant

 

Form Registrasi Pelatihan / Training

Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan Public Relations Management, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:

  • (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
  • 0811 2938 847

Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini:

Public Relations Management
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!