E-Learning – Effective Communication Skill
February 22, 2022
Jadwal Pelatihan E-Learning – Effective Communication Skill
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
Deskripsi
Keterampilan berkomunikasi yang efektif merupakan persyaratan yang sangat penting bagi suksesnya seseorang di dalam pekerjaannya. Orang akan menilai seseorang dalam suatu pertemuan pada menit pertama, dan kesan pertama itu sangat menentukan.Pada kejadian tersebut orang dapat membaca bahasa tubuh non-verbal, rasa percaya diri, semangat, tingkat empati yang memadai dan intonasi suara dari orang yang kita ajak berkomunikasi.
Pada tahap selanjutnya orang akan menilai kualitas dari cara berkomunikasi lisan dan tulisan seseorang tersebut. Oleh karena itu sangatlah penting untuk berlatih komunikasi yang benar. Sekalipun kita mempunyai pengetahuan luas dan keterampilan teknis yang tinggi, akan lebih berhasil jika kita juga mempunyai keterampilan komunikasi yang benar dan efektif, misalnya mampu berbicara secara efektif dengan semua kalangan, baik Atasan, Rekan kerja, Bawahan, Tamu, Klien, Pemasok, dan lain sebagainya; mampu menghindari salah faham, serta bersikap profesional dalam berkomunikasi.
Pelatihan Komunikasi Efektif sangatlah penting, karena komunikasi yang baik akan menjadi salah satu unsur penting dalam menjamin eksistensi organisasi dalam jangka panjang. Untuk itulah Program Pelatihan ‘Komunikasi Efektif’ ini kami rancang agar peserta, setelah mengikuti pelatihan ini, memiliki pemahaman dasar bagaimana berkomunikasi yang efektif serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mempengaruhi orang lain secara positif.
Tujuan
Manfaat lain dengan mengikuti pelatihan ini adalah peserta mengetahui:
- Memahami arti dan pentingnya serta tujuan dari komunikasi.
- Mengetahui langkah-langkah melakukan komunikasi efektif.
- Mengetahui proses dan prinsip dasar komunikasi yang efektif.
- Mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif di tempat kerja dengan bahasa yang langsung, simpel dan padat.
- Mampu mengkomunikasikan gagasan dan keinginan secara ”clear”.
- Dapat menginterpretasikan bahasa tubuh dan mengidentifikasikan aspek positif yang dapat digunakan dalam posisi Anda
- Mampu membina hubungan antar pribadi yang menekankan pada rasa saling percaya dan respek.
- Mampu menggali kebutuhan dan menciptakan kebutuhan orang lain.
- Dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan secara aktif, untuk mengantisipasi dan menghindari salah pengertian kedua belah pihak.
- Mampu menghadapi pemahaman lintas budaya di tempat kerja.
- Mampu mengatasi hambatan-hambatan dalam berkomunikasi yang efektif.
- Mampu mengatasi penolakan secara positif.
- Memahami konsep dan praktek negosiasi serta mampu membangun kesepakatan.
Materi
1. Pendahuluan
- Pengertian dan Keterampilan Dasar Komunikasi
- Memahami Proses Komunikasi dan Terjadinya Mis-komunikasi
- Pentingnya Komunikasi
- Langkah-langkah Utama dalam Berkomunikasi
- Kiat Mempelajari Keterampilan Berkomunikasi
2. Pembukaan Diri (Self-Disclosure)
- Arti dan Pentingnya Pembukaan Diri
- Pembukaan Diri dan Keinsafan Diri
- Pemahaman Diri Berkat Adanya Umpan Balik dari Orang Lain
- Efektivitas Hubungan antar Pribadi
3. Bentuk dan Gaya Komunikasi
- Komunikasi Satu Arah & Dua Arah
- Komunikasi Tiga Dimensi
- Komunikasi Pasif, Persuasif, Asertif, Agresif
- Komunikasi Verbal dan non-Verbal
- Komunikasi Vertikal dan Horizontal
4. Hambatan dalam Komunikasi
- Fisik
- Pengirim-Penerima
- Psikologis
- Semantik/Jargon
5. Pentingnya Komunikasi non-Verbal
- Tindakan
- Bahasa Tubuh dan Artinya
6. Keterampilan Mendengarkan yang Efektif
- Teknik Mendengar dan Menjawab Pertanyaan
- Pendengar yang Aktif (Sensitif, Atentif, Responsif, Obyektif)
- Memahami Kebutuhan
- Pendengar yang Pasif & Kegiatan Mendengar (Hearing)
7. Berkomunikasi Secara Efektif
- Syarat-syarat Berkomunikasi Efektif
- Keahlian Bertanya
- Kiat untuk Berkomunikasi Efektif
8. Aplikasi dari Komunikasi yang Efektif
- Kiat Bahasa Positif
- Teknik Memberi Perintah yang Benar
- Politik Kantor/Office Politics
- Teknik Memberikan Umpan Balik/Feedback yang Benar
- Seni Meminta Maaf dan Langkah-langkahnya
- Mengatasi Penolakan
- Beberapa Contoh Lain dari Komunikasi yang Berhasil
Form Registrasi Pelatihan / Training
Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan E-Learning – Effective Communication Skill, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:
- (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
- 0811 2938 847
Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini: