E-Learning – Manajemen Resiko Rumah Sakit dan PCRA

December 6, 2023

E-Learning – Manajemen Resiko Rumah Sakit dan PCRA

Jadwal Pelatihan E-Learning – Manajemen Resiko Rumah Sakit dan PCRA

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Description

Rumah Sakit merupakan tempat kerja dengan berbagai macam ancaman bahaya yang dapat menimbulkan dampak kesehatan dan kecelakaan, tidak hanya terhadap para pelaku langsung yang bekerja di Rumah Sakit, tapi juga terhadap pasien maupun pengunjung Rumah Sakit. Potensi bahaya banyak terdapat di Rumah Sakit dan mengakibatkan kerugian baik dari kerugian pada rumah sakit, karyawan, pasien, pengunjung maupun
masyarakat sekitar. Selain penyakit-penyakit infeksi juga ada potensi bahaya-bahaya lain yang mempengaruhi situasi dan kondisi di Rumah Sakit, yaitu kecelakaan (peledakan, kebakaran, kecelakaan yang berhubungan dengan instalasi listrik dan sumber-sumber cidera lainnya), radiasi, bahan-bahan kimia yang berbahaya, gas-gas
anestesi, gangguan psikososial dan ergonomi.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 66 Tahun 2016 tentang Standar Manajemen K3 di Rumah Sakit dan SNARS Edisi 1 Tahun 2017 yang mewajibkan Rumah Sakit untuk melakukan pengendalian terhadap bahaya dan risiko pada saat kontruksi atau renovasi yang pada umumnya dilakukan oleh kontraktor di Rumah Sakit. Bahaya dan risiko yang dapat ditimbulkan oleh pekerjaan yang berhubungan dengan konstruksi dapat membahayakan para pekerja Rumah Sakit, pasien dan pengunjung Rumah Sakit, seperti bahaya kebisingan, penyebaran infeksi, debu, getaran, kebakaran dan juga pencemaran lingkungan. Komite K3 Rumah Sakit atau Petugas K3 yang ditunjukan wajib melakukan dan menerapkan PraConstruction Risks Assessment untuk mengendalikan semua bahaya tersebut sehingga kecelakaan akibat kerja dan penyakit akibat kerja dapat dihindarkan.

Manfaat

  • Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep manajemen bahaya dan resiko K3
  • Mampu melakukan analisis bahaya dan penilaian resiko di tempat kerja
  • Mampu mengembangkan sistem pengendalian bahaya dan resiko di perusahaan
  • Mampu menerapkan dan mengembangkan PCRA di Rumah Sakit

Outline Materi

  1. Konsep Dasar Manajemen Resiko
  2. Identifikasi Analisis Bahaya serta Penilaian Resiko di Tempat Kerja
  3. Pengendalian Bahaya dan Resiko di Lingkungan Kerja
  4. Perangkat Manajemen Resiko: HIRADC, JSA, Risk Register, FMEA, HVA, dan ICRA
  5. HIRADC (Hazard Identification, Risk Assessment and Determine Control)
  6. JSA (Job Safety Analysis)
  7. Risk Register
  8. FMEA (Failure Mode Effect Analysis)
  9. HVA (Hazard Vulnerability Assessment)
  10. ICRA (Infection Control Risk Assessment)
  11. Peraturan dan Standar terkait PCRA
  12. Konsep Risks Assessment K3 Konstruksi
  13. Identifikasi & Pengendalian Bahaya & Risko pada pekerjaan Konstruksi Rumah Sakit
  14. Tanggap Darurat Saat Konstruksi
  15. Penerapan Surat Ijin Kerja Aman (SIKA) bagi Kontraktor
  16. Langkah-langkah Penerapan PCRA dalam Manajemen K3 Kontraktor

Form Registrasi Pelatihan / Training

Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan E-Learning – Manajemen Resiko Rumah Sakit dan PCRA, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:

  • (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
  • 0811 2938 847

Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini:

E-Learning – Manajemen Resiko Rumah Sakit dan PCRA
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!