PT SAMUDRA KARYA MUSTIKA
Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
Fraud dalam berbagai bentuk merupakan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh oknum dari dalam atau luar perusahaan yang dengan sengaja bertujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau kelompok, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat merugikan perusahaan atau pihak lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, para profesional di bidang anti-fraud lembaga pembuat regulasi, lembaga pembentuk standar profesi, dan otoritas penegak hukum memainkan peran penting dalam mengembangkan Program Penilaian Risiko Fraud (Fraud Risk Assessment/FRA).
Proses asesmen/penilaian terhadap fraud selama ini lebih banyak diserahkan kepada auditor/konsultan eksternal. Seiring dengan perjalanan waktu, internal audit dituntut oleh manajemen senior untuk mampu melakukan asesmen risiko fraud sendiri. Hal ini dianggap lebih tepat dan bijaksana karena internal audit lebih mengetahui persoalan masalah finansial dan fungsi operasi bisnis dibanding eksternal auditor.
Internal audit lebih mudah memahami bagaimana fraud bisa terjadi dalam proses tertentu, transaksi, dan prosedur bisnis. Terlebih lagi dikaitkan dengan implementasi ISO 31000 dan COSO Principles, keterlibatan internal audit diamanatkan untuk berperan aktif dalam pencegahan, deteksi dan responsif terhadap kemungkinan terjadinya fraud, guna terciptanya corporate value, yang akan sangat mendukung dalam suksesnya peningkatan kemajuan bisnis dan kinerja perusahaan.
Mengingat suksesnya program asesmen risiko fraud akan berpengaruh besar terhadap peningkatan pendapatan dan kinerja perusahaan, maka sudah sepantasnya dipahami secara mendalam oleh para karyawan dan internal audit perusahaan, guna terbentuknya kepedulian terhadap risiko fraud. Untuk memberikan pemahaman yang baik dan mendalam kepada para karyawan dan peserta pelatihan tentang asesmen risiko fraud, termasuk teknik dan metode dalam identifikasi, analisis, mengukur, mengevaluasi, menentukan treatmen risiko fraud, dan kontrol risiko fraud, kesemuanya itu akan dibahas secara komprehensif dalam kegiatan pelatihan ini.
Pelatihan ini juga akan menyajikan kepada para peserta materi-materi yang komprehensif yang syarat akan metode dan teknik yang familier dalam pemanfaatannya pada implementasi asesmen risiko fraud di perusahaan, beserta berbagai studi kasus dan pemecahannya, yang diharapkan akan memperkaya pengetahuan dan kemampuan karyawan dalam melakukan asesmen risiko fraud.
1. Gambaran Umum Fraud Risk Management
2. Metode Pelaksanaan Fraud Risk Assessment
3. Proses Penilaian pada Tingkat Entitas dan Transaksional
4. Identifikasi, Deteksi, dan Investigasi Risiko Fraud
5. Identifikasi Modus Operandi dan Skenario
6. Tahapan Penyusunan dan Membangun Fraud Risk Register
7. Langkah Mitigasi Risiko Fraud
8. Metode dan Teknik Pencegahan dan Pendekatan Titik Kritis Fraud
Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan E-Learning – Fraud Risk Assessment, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:
Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini: