PT SAMUDRA KARYA MUSTIKA
Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
Sebagai pekerja profesional, sudah selayaknya seseorang memiliki keterampilan berkomunikasi, tidak hanya kemampuan berkomunikasi secara lisan, tetapi juga mampu berkomunikasi melalui tulisan. Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki tersebut adalah kemampuan menulis laporan. Meski menulis laporan kerap dianggap pekerjaan mudah, namun masih ada dijumpai rancangan laporan yang baik dari segi isi maupun susunannya, tidak mengikuti pola yang standar, seperti substansi laporan yang tidak berdasarkan data & fakta yang akurat, relevan, lengkap, bisa dipercaya.
Kedua, laporan tidak menggunakan istilah, ungkapan, bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) sehingga laporan tersebut tidak mudah dibaca, dipahami, atau tidak menggunakan ungkapan/idiom Bahasa Inggris yang benar (jika laporan dibuat dalam Bahasa Inggris).
Persoalan lain, susunan laporan yang tidak sistematis atau memasukkan data apa adanya tanpa diikuti oleh proses analisa data, proses pengambilan kesimpulan (seperi menganalisa penyebab timbulnya deviasi atau gap antara Rencana, Realisasi), termasuk tidak memberikan rekomendasi jalan keluar dari masalah yang dihadapi.
Beberapa persoalan ini, jika tidak diatasi dengan baik, maka akan mengganggu keefektifan dalam presentasi laporan. Mengingat bahwa penulisan laporan mempunyai andil yang penting dalam efektif atau tidaknya laporan yang disajikan, maka dengan mengikuti Pelatihan Effective Report Writing peserta diharapkan mampu untuk memahami teknik penulisan laporan serta mampu menyiapkan laporan bisnis yang dibutuhkan dalam kegiatan kerja perusahaannya.
1. Komunikasi Non Verbal, Proses Komunikasi Efektif
2. Prosedur, Aliran Komunikasi Terkait Laporan Bisnis
3. Memahami Khalayak Pembaca, Fokus Masalah
4. Menetapkan Fokus Tulisan, Teknik Pengemasan Pesan
5. Kemampuan Dasar Menulis, Pengembangan Ide, Proses Editing Tulisan
6. Konseptual Effective Laporan
7. Memahami Fakta, Data, Informasi, Opini
8. Cara memperoleh Data (Fact Finding), Penyaringan Data
9. Memilih Tipe Laporan yang Sesuai
10. Teknik Penyajian Laporan (Pemilihan Kata, Grafik, Font, Warna, dll)
11. Memahami Syarat Data Sebagai Dasar Membuat Kesimpulan Penulisannya
12. Proses Membuat Rekomendasi kepada Atasan Sebagai Proposal Solusi Masalah
13. Mencari Penyebab (Gap) dan Menemukan Jalan Keluar
14. Presentasi Laporan
Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan E-Learning – Effective Report Writing, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:
Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini: