PT SAMUDRA KARYA MUSTIKA
Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan yang sangat penting, hal ini dikarenakan komunikasi memiliki fungsi untuk menghubungkan keinginan seseorang kepada orang lain. Secara spesifik komunikasi menjalankan empat fungsi: fungsi kendali (control, pengawasan), motivasi, pengungkapan emosional dan informasi. Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dengan beberapa cara. Setiap organisasi mempunyai hierarki wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
Komunikasi menghubungkan satu dengan lainnya, dan kita pahami bahwa satu organisasi didalamnya terlibat karyawan yang memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda sehingga besar sekali peluangnya untuk terjadi kesalahan informasi yang disampaikan dalam komunikasi. Terdapat dua jenis komunikasi menghubungkan satu dengan lainnya yaitu komunikasi formal dan informal, kedua jenis komunikasi ini selalu hadir dalam setiap aktivitas manusia. Selain hal tersebut, dalam komunikasi dikenal juga bentuk komunikasi verbal dan komunikasi non verbal, kedua bentuk ini juga selalu hadir dalam setiap aktivitas manusia., dan kita pahami bahwa satu organisasi di dalamnya terlibat karyawan yang memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda sehingga besar sekali peluangnya untuk terjadi kesalahan informasi yang disampaikan dalam komunikasi.
Beberapa literatur menjelaskan bahwa salah satu penyebab utama timbulnya konflik disfungsional atau konflik yang menghambat produktivitas kerja organisasi adalah kesalahan dalam komunikasi atau miss communication. Komunikasi yang efektif perlu dibangun dalam suatu organisasi untuk menghasilkan nilai maksimum, sehingga akan terjadi akselerasi nilai positif bagi setiap karyawan. Kemampuan komunikasi masing-masing orang adalah berbeda, dan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Oleh sebab itu, untuk mencapai efektifitas komunikasi setiap karyawan harus mampu memahami unsur-unsur komunikasi, bagaimana berkomunikasi secara efektif, dan bagaimana membangun emosi cerdas untuk komunikasi efektif.
1. Konsep Komunikasi dan Peranannya dalam Suatu Organisasi Bisnis
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan; konsep komunikasi, tujuan komunikasi, memahami jenis-jenis komunikasi dalam organisasi bisnis
2. Keterampilan Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal)
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan kemampuan komunikasi atau interpersonal communication, yang berhubungan dengan self conceps, tipe dan hambatan komunikasi, faktor kredibilitas, konsep diri, faktor emosi, status, peran, skill, prasangka/sikap, sikap komunikator (empathy, kewajaran, respek, membuka diri), jaringan komunikasi, komunikasi formal dan informal, bagaimana berkomunikasi pada jaringan formal, komunikasi efektif pada jaringan non formal, etika dan etiket komunikasi
3. Komunikasi Arsetif
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan membangun komunikasi arsetif, permissive, arsetif agresif, assertiveness, tips untuk arsetive.
4. Komunikasi Non Verbal
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi non verbal, konsep, efektifitas, bahasa tubuh positif dan bahasa tubuh negatif, faktor budaya pada komunikasi non verbal, etiket dan etika komunikasi.
5. Emosi Cerdas untuk Komunikasi Efektif
Hal-hal yang akan disampaikan adalah bagaimana membangun emosi secara cerdas sehingga akan melahirkan komunikasi secara efektif; etika sosial, agama dan hukum dalam komunikasi, memahami kebutuhan dasar emosi manusia dalam komunikasi, membangun kemampuan empathy, emosi dari sudut pandang psikologi, prinsip dasar emosi, problematika emosi dalam komunikasi, emosi reaktif dan emosi proaktif dalam komunikasi, praktek menumbuhkan emosi cerdas dalam komunikasi.
Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan E-Learning – Effective Communication Skill, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:
Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini: