E-Learning – Community Development

September 9, 2024

E-Learning – Community Development

Jadwal Pelatihan E-Learning – Community Development

TanggalTempatKota
18 - 19 September 2024--

Tujuan Pelatihan

Peraturan perundangan mengatur bahwa CSR dan Community Development merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan perusahaan Sebagaimana amanat UU No.40 Tahun 2007 bab V pasal 74, maka “expenses” harus dikelola manajemen, sehingga memberikan dampak positif bagi sustainability perusahaan di masa mendatang. Pola pikir inilah yang membuat CSR dan Community Development menjadi tidak sekedar Charity Program, tetapi harus menjadi “alat” marketing yang powerfull. Sebagai bagian dari kehidupan sosial, suatu perusahaan juga harus mampu melakukan aktivitas sosial agar bisa terus menjaga citra baik di mata masyarakat.

Salah satu media yang digunakan adalah dengan melakukan kegiatan untuk pengembangan masyarakat (community development). Agar kegiatan tersebut berhasil maka dibutuhkan kemampuan dalam hal pendesainan, pemonitoran dan pengevaluasian partisipasi pada kegiatan untuk pengembangan masyarakat (community development) dengan menggunakan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat sekitar. Melalui pelatihan ini peserta pelatihan diharapkan mampu mengelola program-program pengembangan masyarakat, mengetahui prinsip-prinsip pengembangan masyarakat dan mampu mengelola konflik, baik itu konflik di dalam internal perusahaan, maupun konflik perusahaan dengan lingkungan eksternal. Disamping itu, peserta pelatihan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menguasai teknik-teknik community development yang baik dan praktis serta bisa dilakukan sesuai dengan tujuan dan latar belakang masing-masing peserta.

Output Pelatihan

  • Dapat meningkatkan pemahamam tentang Konsep Community Development
  • Dapat memahami perbedaan CSR & Comdev
  • Dapat membuat analisis kebutuhan pengembangan yang relevan di masyarakat yang sesuai dengan visi misi perusahaan
  • Dapat membuat laporan Program Community Development
  • Mampu mengelola konflik dengan pihak eksternal perusahaan

Materi

  1. Konsep Dasar Community Development
  2. Karakteristik dan Prinsip Pendampingan
  3. Pengenalan Konsep Pengembangan Masyarakat (Community Development)
  4. Teknik Perancangan Kegiatan yang Tepat Sasaran
  5. Analisis Kebutuhan Pengembangan yang Relevan di Masyarakat
  6. Analisis Budaya Lokal dan Struktur Sosial Masyarakat
  7. Mengorganisir Masyarakat untuk Pemberdayaan
  8. Mendesain Program Pengembangan Masyarakat
  9. Merancang, Menerapkan dan Mengevaluasi Model Program Pengembangan Masyarakat
  10. Implementasi Program Pengembangan Masyarakat
  11. Teknik Monitoring & Evaluasi Program Pengembangan Masyarakat
  12. Konsep Dasar Manajemen Konflik
  13. Strategi Mengelola Konflik dengan Pihak Internal Perusahaan (Pimpinan, Rekan dan Bawahan)
  14. Strategi Mengelola Konflik dengan Pihak Eksternal Perusahaan
  15. Teknik komunikasi dalam pengelolaan konflik

Form Registrasi Pelatihan / Training

Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan E-Learning – Community Development, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:

  • (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
  • 0811 2938 847

Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini:

E-Learning – Community Development
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!