Strategi Pemasaran Produk Bank

February 18, 2019

Strategi Pemasaran Produk Bank

Jadwal Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Bank

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Description

Bank sebagai lembaga keuangan perlu mengkomunikasikan setiap produk yang mereka tawarkan. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui dan memiliki minat membeli manfaat dari produk yang di tawarkan sesuai dengan kebutuhannya dan keinginannya. Banyak bank menawarkan produknya, baik produk baru atau suatu pengembangan dari produk lama. Diantara mereka ada yang gagal dan tidak sukses dalam merebut kepuasan konsumen. Hal ini disebabkan karena pasar pembeli yang selalu berubah-rubah. Beberapa kepuasan nasabah yang dimaksud antara lain:

  • Keamanannya terjamin atau penarikannya mudah dilakukan
  • Mudah dan praktis, tidak berbelit-belit jika kita ingin mendepositokan uang dan mudah dipindahkan ke rekening giro atau tabungan serta mudah memindahkan dana dalam jumlah besar dan kecil
  • Rasa bangga menabung di bank yang bersangkutan

Materi

A. Pengertian Produk

B. Tingkatan Produk dan Jasa

1. Lima Tingkatan Produk

  • Manfaat Inti (Core Benefits)
  • Manfaat Dasar Tambahan (Basic Product)
  • Harapan Produk (Expected Product)
  • Kelebihan Yang Dimiliki Produk (Augmented Product)
  • Potensi Masa Depan Produk (Potensial Product)

2. Konsep Dasar Jasa

  • Jasa Inti, yang terdiri dari manfaat atau jasa produk
  • Jasa Perseptibel
  • Sumber Daya Manusia, Tingkat Mutu, Waktu Jasa, Waktu Tunggu, Peralatan Pendukung, Kemasan dan Pemberian Label
  • Jasa Tambahan
  • Jaminan
  • Kepercayaan
  • Jasa-jasa Lanjutan

C. Strategi Produk Bank

1. Penentuan Logo dan Moto

  • Memiliki Arti
  • Menarik Perhatian
  • Mudah Diingat
  • Memiliki Ciri Khas

2. Menciptakan Merek

  • Mudah Diingat
  • Terkesan Hebat dan Modern
  • Memiliki Arti
  • Menarik Perhatian
  • Memiliki Ciri Khas

3. Menciptakan Kemasan

4. Keputusan Label

D. Langkah-langkah Pengembangan Produk Baru

  1. Pembangkit Gagasan
  2. Penyaringan Gagasan
  3. Pengembangan dan Pengujian Konsep
  4. Strategi Pemasaran
  5. Analis Bisnis
  6. Pengembangan produk
  7. Pengujian Pasar
  8. Komersialisasi

E. Daur Hidup Produk

  1. Lima Tahap Daur Hidup Suatu Bank
  • Tahap pengembangan produk yaitu produk yang masih berada dalam kandungan
  • Tahap perkenalan, merupakan tahap setelah produk diperkenalkan ke pasar
  • Tahap pertumbuhan, pada tahap ini produk sudah diterima oleh pasar, dan penjualan sudah semakin besar, serta laba pun mulai meningkat dengan cepat
  • Tahap kedewasaan, Pada tahap ini perusahaan harus melakukan beberapa modifikasi untuk mempertahankan keunggulannya yaitu; Modifikasi pasar, Modifikasi produk, Modifikasi program pemasaran
  • Tahap penurunan, dalam tahap ini penjualan menurun dengan cepat dan seiring dengan menurunnya penjualan maka laba pun semakin menurun dan pada akhirnya akan rugi.

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan perusahaan pada tahap ini agar dapat mempertahankan eksistensi perusahaan, yaitu:

  1. Meningkatkan investasi perusahaan dalam bisnis tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan dominasi atau memperkuat posisi terhadap perusahaan pesaingnya
  2. Mempertahankan level investasi perusahaan sampai ketidak pastian tentang industri itu terselesikan
  3. Mengurangi level investasi perusahaan secara selektif, dengan melepas kelompok pelnggan yang tidak menguntungkan, sambil memperkuat investasi di tempat-tempat yang menguntungkan
  4. Menuai investasi perusahaan untuk memulihkan kas secepatnya
  5. Melepaskan bisnis itu secepatnya dengan menjual asetnya dengan cara yang paling menguntungkan

F. Evolusi Pasar

1. Tahap Kemunculan

Yang harus dillakukan oleh perusahaan adalah merancang produk yang optimum untuk pasar, dimana terdapat tiga pilihan yang dapat diambil oleh perusahaan, yaitu:

  • Produk baru yang dirancang untuk memenuhi salah satu relung pasar (strategi relung tunggall-singel niche strategi)
  • Dua produk atau lebih diluncurkan bersamaan untuk menangkap dua bagian pasar atau lebih (strategi relung ganda-multiple niche strategy)
  • Produk baru dapat dirancang untuk tengah-tengah pasar (strategi pasar massal-mass market strategy)

Jika penjual produk baru itu memuaskan, maka perusahaan baru akan memasuki pasar dan mengarah ketahap pertuimbuhan pasar.

2. Tahap Kedewasaan

Akhirnya para pesaing melayani semua segmen pasar utama dan pasar memasuki tahap kedewasaan. Namun kenyataan mereka bergerak lebih jauh dan menyerbu tiap segmen pesaing lain.

3. Tahap Penurunan

Permintaan pasar akan produk mulai menurun, dan pasar akan memasuki tahap penurunan.

Training Method

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

Facility

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch (1x)

Coffee Break (2x)

Souvenir

Pick Up Participant (Khusus Yogyakarta)

Form Registrasi Pelatihan / Training

Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Bank, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:

  • (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
  • 0811 2938 847

Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini:

Strategi Pemasaran Produk Bank
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!