Hak Pasien dan Keluarga

January 17, 2020

Hak Pasien dan Keluarga

Jadwal Pelatihan Hak Pasien dan Keluarga

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Pendahuluan

Hak pasien menurut WHO adalah pengembangan dari hak asasi manusia yaitu pasien menerima perawatan yang sesuai dengan martabat dan rasa hormat sebagai manusia, semua pasien memiliki hak mendasar untuk privasi, kerahasiaan rekam medis, setuju atau menolak pelayanan, dan diberitahu tentang risiko terhadap prosedur medis. Pasien dan keluarganya adalah pribadi yang unik dengan sifat, sikap, perilaku yang berbeda-beda, kebutuhan pribadi, agama, keyakinan, dan nillai-nilai pribadi. Hasil pelayanan akan lebih baik bila pasien dan keluarga diikutsertakan dalam pengambilan keputusan pelayanan dan proses yang sesuai dengan harapan, nilai, serta budaya (KARS, 2012). Untuk mengoptimalkan hak pasien dalam pemberian pelayanan yang berfokus pada pasien dimulai dengan menetapkan hak tersebut, kemudian melakukan edukasi kepada pasien tentang hak dan kewajiban. Pasien diberi informasi tentang hak dan kewajiban mereka bagaimana harus bersikap. Perawat harus mengerti dan menghormati kepercayaan, nilai-nilai pasien, dan memberikan pelayanan dengan penuh perhatian dan hormat untuk menjaga martabat dan nilai diri pasien (KARS, 2012).

Pelaksanaan Hak Pasien dan Keluarga (HPK) merupakan suatu kegiatan memberikan pelayanan yang dibutuhkan dan sesuai dengan kekuasaan yang dimiliki pasien dan keluarga selama dirawat di Rumah Sakit. Standar Akreditasi Rumah Sakit memiliki enam standar HPK yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan khususnya perawat yaitu tanggung jawab dalam hak pasien dan keluarga, dukungan dan berpartisipasi dalam proses pelayanan, penjelasan tentang proses dan bertindak dalam pelayanan, identifikasi nilai dan kepercayaan pasien, penjelasan tentang hak pasien dengan cara dan bahasa yang tepat, dan informed consent.

Tujuan

  1. Peserta diharapkan dapat mengambil keputusan dan proses pelayanan dalam menunjang partisipasi pasien dan keluarga
  2. Peserta dapat menjelaskan proses dan bertindak dalam pelayanan
  3. Peserta dapat menjelaskan tentang pentingnya informed consent

Materi

  • Tanggung Jawab dalam Hak Pasien dan Keluarga
  • Dukungan dan Berpartisipasi dalam Proses Pelayanan
  • Penjelasan tentang Proses dan Bertindak dalam Pelayanan
  • Identifikasi Nilai dan Kepercayaan Pasien
  • Penjelasan tentang Hak Pasien dengan Cara dan Bahasa yang Tepat
  • Informed Consent

Training Method

Pre Test

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

Post Test

Facility

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Breaks

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

Form Registrasi Pelatihan / Training

Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan Hak Pasien dan Keluarga, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:

  • (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
  • 0811 2938 847

Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini:

Hak Pasien dan Keluarga
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!