PT SAMUDRA KARYA MUSTIKA
Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
Dalam situasi kompetisi yang kian ketat, sebuah perusahaan dalam berbagai bidang perlu meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik kepada pihak eksternal maupun internal. Pihak manajemen korporasi mempunyai tanggung jawab untuk bisa berkomunikasi, untuk meningkatkan penjualan maupun membangun citra yang bagus di mata masyarakat. Dengan makin banyak dan beragamnya media, termasuk media sosial, sebuah perusahaan harus peka terhadap isu-isu yang berkembang di media untuk meminimalisasi risiko terhadap perusahaan akibat eksploitasi media. Guna lebih memahami media, perlu pemahaman tentang jurnalistik.
Jurnalistik pun menjadi kian diperlukan perusahaan setelah cara ini menjadi strategi baru dalam bidang pemasaran sekaligus kehumasan. Cara ini sering disebut Corporate Jurnalism. Dengan Jurnalisme Perusahaan, sebuah perusahaan tidak hanya memasang iklan atau spanduk untuk berkomunikasi dengan klien atau konsumennya. Perusahaan juga memproduksi sekaligus menyebarkan sendiri berita, artikel, atau feature tentang produk dan aktivitasnya kepada publik melalui media yang mereka miliki.
Strategi baru ini juga bisa untuk mengimbangi berita-berita yang ada di media utama. Organisasi besar dan kecil kini tidak lagi mesti bergantung pada media utama untuk mengomunikasikan berita. Perusahaan bisa secara langsung dan efektif kepada publik. Sebuah perusahaan dapat menerbitkan buletin, majalah, atau tabloid untuk menyebarkan beritanya. Perusahaan juga bisa memanfaatkan media-media online seperti website/blog ataupun media sosial.
Karena itu, perlu ada unit atau divisi khusus untuk mengelolanya, termasuk semacam “News Room”. Interaksi dengan publik (klien) akan intensif, seperti menanggapi keluhan, pertanyaan, atau pesanan (order).
Dengan demikian, sebuah perusahaan juga dituntut untuk mampu “mengundang” pembaca sehingga berita yang mereka publikasikan itu dibaca sebanyak mungkin orang, sebagaimana pembaca media pada umumnya. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas dalam jurnalisme perusahaan dalam hal manajemen medianya.
1. Jurnalistik dan Strategic Corporate Communications
2. Proses Kerja Jurnalistik dan Manajemen Media
3. Teknik Reportase dan Wawancara
4. Teknik Penulisan
5. Praktek/Simulasi Reportase/Wawancara
6. Praktek Menulis
7. Fotografi Jurnalistik
8. Evaluasi
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)
Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan Journalistic and Corporate Communications, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:
Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini: