Effective Desk Collection Strategy
August 19, 2022
Jadwal Pelatihan Effective Desk Collection Strategy
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
Deskripsi
Layanan pinjaman, baik online maupun offline saat ini terus tumbuh dan berkembang dengan pesat, hal ini seiiring dengan terus meningkatnya kebutuhan hidup dan juga gaya hidup masyarakat sehingga aktifitas pinjaman semakin digemari. Namun sayangnya, setelah dana pinjaman tersebut habis digunakan, beberapa nasabah belum juga membayar cicilan meski tanggal jatuh tempo pembayarannya sudah dekat. Mereka seolah cuek dengan ancaman denda akibat melewati batas waktu pelunasan.
Oleh karena itulah, perusahaan layanan pinjaman harus memiliki desk collection yang ditugaskan untuk menelpon dan mengingatkan nasabah agar segera melakukan pembayaran. Fungsi dari desk collection berbeda dengan debt collection, desk collection memiliki tugas utama sebagai pengingat agar nasabah mau membayar hutangnya namun peran ini semakin berkembang karena selain mengingatkan, seorang desk collection juga diharapkan dapat mampu membantu nasabah yang memiliki permasalahan sehingga dapat ditemukan solusi terbaik sehingga mereka bisa membayar hutangnya.
Tujuan & Manfaat Pelatihan
Pelatihan Effective Desk Collection Strategy ini bertujuan agar:
- Peserta pelatihan mampu memahami konsep desk collection strategy
- Peserta pelatihan mampu memahami tugas dan tanggungjawab sebagai collector professional
- Peserta pelatihan mampu memahami etika berkomunikasi via telepon
- Peserta pelatihan mampu memahami dan melakukan credit collection secara in-direct via telepon
- Peserta pelatihan mampu memahami time management yang baik dalam merencanakan dan menentukan prioritas kerja dalam rangka collection
- Peserta pelatihan mampu memahami melakukan negosiasi dalam rangka collection secara in-direct (via telepon)
Materi Pelatihan
Berikut adalah ringkasan materi Pelatihan Effective Desk Collection Strategy :
1. Introduction “Credit Collection”
- Konsep dan tujuan dari Credit Collection
- Komponen collection
- Skema kredit
- Memahami alasan customer menunggak
- Collection process
2. Desk Collector Professional
- Tugas utama dari Desk Collection
- Kompetensi standar untuk Desk Collection
- Membangun paradigma collection yang baru: “Collection as Customer Service”
- Teknik Memahami karakter & psikologi debitur
- Strategi fokus pada Target Desk Collection
3. Strategy Collection
- Segmentasi Aging
- Segmentasi Customer
- Menentukan penanganan yg tepat untuk tiap segmen
- Menentukan prioritas dari aktifitas Collection
- Effective time management
4. Effective Phone collection
- Menentukan waktu yang tepat untuk menelpon
- Pola kalimat dan Struktur Telephone Call
- Strategi berkomunikasi Secara Empati dan membangun kesan baik
- Teknik Pengaturan Suara dan Tipe Gaya Komunikasi
- Strategi menelpon Customer Perusahaan vs Individual
- Strategi agar mendapatkan Janji Bayar
- Teknik Consultative Collection: “Membantu debitur menjawab keluhannya dan memberikan saran agar dapat segera bisa membayar”
- Strategi Mengakhiri Pembicaraan.
5. Negotiation Skills in Collection
- Apakah Negosiasi Itu?
- Fokus negosiasi Desk Collection: Mencari jalan keluar agar debitur merasa mampu membayar
- Langkah-Langkah dalam Proses Negosiasi: Sikap, Cara & Teknik Komunikasi.
- Hambatan-Hambatan dalam Melakukan Negosiasi, Tipe Negosiasi, Ragam Situasi Negosiasi.
- Solusi Terhadap Keluhan
6. Report Writing Skill – Desk Collection
Training Method
Pre Test
Presentation
Discussion
Case Study
Post Test
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
1x Lunch & 2x Coffee Break
Masker + Face Shield
Souvenir
Form Registrasi Pelatihan / Training
Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan Effective Desk Collection Strategy, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:
- (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
- 0811 2938 847
Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini: