E-Learning – Inventory Management & Logistics Management
October 14, 2022
Jadwal Pelatihan E-Learning – Inventory Management & Logistics Management
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
Overview
Inventori (persediaan) merupakan salah satu sumber daya (resources) yang keberadaannya tidak dapat dihindarkan dan sangat diperlukan untuk menjamin kelancaran usaha baik usaha bisnis maupun industri. Dan juga Pergudangan memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan sebuah perusahaan. Barang yang disimpan di gudang bisa dalam bentuk bahan baku, barang setengah jadi, suku cadang maupun produk jadi.
Peningkatan produktivitas dan pelayanan pergudangan akan sangat berpengaruh pada performansi perusahaan secara keseluruhan. Training ini akan membahas strategi dan teknik untuk peningkatan produktivitas dan pelayanan pergudangan dengan minimasi biaya investasi dan operasi dan penggunaan Web dalam supply chain telah menjadi trend di perusahaan industri manufaktur dan industri jasa terkemuka akhir akhir ini. Training ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian mendalam tentang Inventory Warehousing & Supply Chain Management dan dukungan teknologi informasi dalam operasinya.
Tujuan Pelatihan
- Mempunyai konsep yang kuat untuk malakukan Inventory Management
- Memahami tujuan penerapan Inventory Management dalam Supply Planning
- Memahami konsep terbaru dan terkini Warehouse Management
- Memahami prinsip dan konsep improvement Warehouse Management
- Update konsep, best practice, dan teknologi terkini dan pengunaan software aplikasi
- Memahami metode improvement process dalam pengelolaan warehouse
- Memberikan pemahaman secara mendasar dan sistematis mengenai manajemen logistik dan perkembangannya
- Meningkatkan kemampuan dan membekali peserta dengan pengelolaan operasional dan pengukuran kinerja logistik secara umum
- Memberikan kesempatan kepada peserta untuk sharing experience mengenai kasus-kasus yang berkaitan dengan manajemen logistik
- Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyelesaikan masalah masalah yang terkait dengan logistik dan bagaimana hal tersebut diselesaikan
Outline
1. Konsep Dasar dan Frame Work Sistem Inventori
- Pengertian Inventori dan Perannya dalam Kelancaran Operasi
- Siklus Inventori, Permasalahan dan Kinerja Sistem Inventori
- Overview Metoda Standar Sistem Inventori Perencanaan dan Pengendalian Inventori
2. Metoda MRP dan DRP
- Konsep, Frame Work dan Metoda MRP
- Konsep, Frame Work dan Metoda DRP
3. Metoda Pengendalian Secara Statistik
- Penentuan Cadangan Pengaman
- Metoda Pengendalian Probabilistik Baik Model Q Maupun Model P
- Distribusi Pareto dan Pemilihan Model Inventory
4. Sistem Pergudangan (Warehousing)
5. Perencanaan Pergudangan
- Penentuan Kapasitas Gudang
- Penentuan Lokasi Pergudangan
- Lay Out Gudang
6. Pengoperasian dan Pengendalian Gudang
- Kebijakan Pengoperasian Pergudangan
- Sistem Prosedur Pergudangan
- Sistem Pengawasan dan Pengendalian
7. Warehousing Management Information System
- Quality of Information
- Management Information System (MIS)
- Decision Level
- Item Code Master File, Item Master File, Transaction Recording
- Implementation of MIS in Warehousing Environment
8. Latihan Kasus dan Aplikasi
- Identifikasi Masalah
- Pengukuran Kinerja
- Aplikasi Metoda (SIC,MRP,DRP) pada Kasus Riil
- Pengukuran Performansi Sistem Pergudangan dan Distribusi dengan Menggunakan Software
9. Supply Management
- Perkembangan Terakhir Konsep Supply Management
- Mengukur Performansi Supply Management
- Vendor Selection Technique
- Negotiation Techcnique
- Supplier Integration and Relationship Management
- Teknologi Informasi dan Aplikasi Sistem Internet dalam Supply Management
10. Disain Organisasi Logistik
- Manajemen Organisasi Supply Chain
- Logistics Strategic Planning and Project Management
- Logistics Process and Activity Management
11. Logistics and Supply Chain Information System
- Arsitektur Sistem Informasi Manajemen Logistik dan Supply Chain
- Logistics Data Warehousing and Decision Support System
- Manajemen Logistik Berbasis Web
- Paperless and Wireless Logistics System
12. Pengukuran Kinerja Manajemen Logistik dengan Balanced Scorecards
- Mengenal Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecards
- Perumusan Perspektif Kinerja Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal dan Pembelajaran Pertumbuhan
- Perumusan KPI (Key Performance Indicator) untuk Mengukur Kinerja Sistem Manajemen Logistik
Form Registrasi Pelatihan / Training
Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan E-Learning – Inventory Management & Logistics Management, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:
- (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
- 0811 2938 847
Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini: