PT SAMUDRA KARYA MUSTIKA
Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
Procurement adalah proses pengadaan barang & jasa dalam sebuah institusi. Pada organisasi bisnis, lembaga sosial, atau instansi pemerintahan yang baik biasanya telah memiliki peraturan internal terkait Procurement, yang akan memastikan bahwa proses perencanaan pengadaan dan pemilihan supplier telah memenuhi standar umum & dilakukan secara transparan. Dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi Supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga Vendor/Supplier yang rawan prestasi terhadap order & kontrak.
Perilaku fraud bisa menimpa siapa saja dalam proses pengadaan, tanpa melihat jenjang jabatan. Mulai dari “menjual informasi” Procurement Plan, bersikap diskriminatif kepada calon pemasok, hingga mengatur proses pengadaan atau tender dengan tujuan meminta “success fee” atau melakukan “mark up harga” demi keuntungan pribadi. Dalam banyak kasus pelaku fraud tidak hanya procurer saja, tapi juga bisa dari bagian lain yang menjadi bagian dari komite pembelian, pemegang database perusahaan, bahkan level pengambil keputusan. Diperlukan sistem dan pengetahuan yang memadai untuk mencegah, mendeteksi, dan mengurangi resiko terjadinya fraud.
1. Procurement and Risk Management Overview
2. Define Procurement Management
3. Define Risk Management
4. Introduction to Procurement Fraud, Fraud Detection Methods & Transparency and Accountability Principles
5. Common Types of Procurement Frauds, Criteria for Gross Misconduct, Criminal, and Civil Cases
6. Procurement Planning Process
7. Evaluate the Process for Developing a Request for Proposal (RFP)
8. Identify Types of Contracts for Various Situations
9. Describe the Roles and Responsibilities a Contract Administration, Procurement Agent and Project Manager
10. Contracting Process
11. Identify Vendor Solicitation and Selection Criterions
12. Describe the Contract Negotiation Process
13. Explain the Roles of Risk Management in the Contracting Process
14. Contract Administration Process
15. Describe Contract Administration Policies and Procedures
16. List the Tools for Contract Administration Process
17. External Influences on the Procurement Management Process
18. Handling Procurement Fraud, Constructing Preventive Policy and Control System
19. Identifikasi Penyimpangan dalam Kecurangan
20. Bukti dan Pembuktian Kecurangan atas Pengadaan Barang dan Jasa
21. Observasi
22. Pengujian Dokumen
23. Pengujian Fisik
24. Wawancara
Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan E-Learning – Contract and Procurement Fraud Identification, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:
Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini: