Communication & Leadership Skills

October 20, 2022

Communication & Leadership Skills

Jadwal Pelatihan Communication & Leadership Skills

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Overview

Effective Communication & Leadership Skills merupakan pelatihan yang didesain guna memberikan bekal pemahaman kepada para peserta terkait komunikasi yang hadir dalam kehidupan sehari-hari manusia. Komunikasi memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari mengingat fungsi komunikasi sebagai penghubung maksud atau keinginan seseorang kepada orang lain. Di dalam suatu organisasi/perusahaan tentunya terdapat staff/karyawan/personil dengan karakter/sifat yang berbeda satu dengan lainnya yang menyebabkan peluang/kemungkinan konflik/kesalahan informasi menjadi besar. Disinilah titik pentingnya komunikasi yang baik dalam sebuah kepemimpinan.

Guna menghindari konflik/kesalahan penyampaian informasi tersebut maka diperlukan komunikasi yang efektif dalam suatu perusahaan/organisasi, dengan adanya komunikasi efektif tersebut akan timbul akselerasi nilai positif diantara setiap personil/karyawan perusahaan dari para pemimpin terkait. Mereka akan lebih mampu menyelesaikan proyek-proyek lebih cepat, lebih sedikit menghadapi masalah, dan lebih sedikit mengalami stress. Dengan komunikasi yang efektif, maka diharapkan setiap strategi yang telah dibentuk oleh perusahaan dapat dijalankan dengan optimal.

Mengingat bahwa kemampuan setiap personil perusahaan dalam komunikasi berbeda satu dengan lainnya, maka pelatihan ini dirancang untuk membantu peserta dalam memahami dan menguasai teknik komunikasi efektif guna menunjang kinerja peserta dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, dengan adanya komunikasi yang baik tentunya akan membantu meningkatkan kemampuan kepemimpinan dalam penyampaian ide/gagasan/kritik/saran dari para pemimpin organisasi kepada para staf terkait sehingga mudah diterima, dicerna dan kemudian dijalankan dengan optimal. Sehingga kemudian visi dan misi perusahaan dapat tercapai.

Tujuan & Manfaat

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu untuk:

  • Memahami definisi dan konsep komunikasi efektif dalam suatu kepemimpinan organisasi.
  • Mengerti dan memahami teknik membangun komunikasi yang baik dan optimal dalam kehidupan pekerjaan/lingkungan masyarakat.
  • Mengetahui dan memahami teknik mempengaruhi dan persuasi efektif guna membangun hubungan produktif dan memberi rasa nyaman dalam hubungan kerja/hubungan keseharian dengan pihak lain (dari para pimpinan ke staff masing-masing).
  • Mengerti dan memahami teknik kontrol emosi dalam tekanan pekerjaan yang berat.
  • Mengerti dan memahami teknik percaya diri dalam penyampaian ide/gagasan dalam kehidupan pekerjaan/kehidupan sehari-hari.
  • Mengembangkan sikap kerja dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang leader yang sukses.

Materi

1. Pelayanan Prima (Service Excellent)

  • Definisi Pelayanan Prima
  • Konsep Pelayanan Prima
  • Tujuan dan Manfaat Pelayanan Prima
  • Karakter Pelayanan Publik

2. Teknik Komunikasi Efektif

  • Definisi dan Konsep Komunikasi Efektif
  • Tujuan dan Jenis Komunikasi
  • Faktor Penyebab Kesulitan dan Kegagalan Komunikasi.
  • Proses & Prinsip Dasar Komunikasi Efektif
  • Teknik Komunikasi Efektif
  • Komunikasi Interpersonal
  • Teknik Membangun Komunikasi Empati dan Komunikasi Asertif
  • Teknik dalam Menghadapi Customer Complaint
  • Media Komunikasi dan Komunikasi Birokrasi
  • Hubungan antar Pribadi dalam Komunikasi

3. Etika dan Sikap dalam Pelayanan Public

  • Etiket dan Sikap dalam Pelayanan Public
  • Etika Komunikasi Berhubungan dengan Teknologi Informasi

4. Teknik Membangun dan Mengembangkan Percaya Diri dalam Komunikasi dan Penyampaian Ide/Gagasan

5. Teknik Berbicara dalam Situasi Terdesak dan Mendesak

6. Teknik Effective Listening & Answering Question

7. Teknik Body Language dalam Komunikasi yang Efektif

8. Pengembangan Gaya Berkomunikasi Efektif

9. Konsep dan Implementasi High Impact Leadership

10. Karakteristik dan Keterampilan Pemimpin yang Efektif

11. Merumuskan Visi dan Tujuan Kinerja Tim (Leader as a Vision Creator)

12. Mengelola dan Mengalokasikan Sumber Daya Secara Optimal (Leader as a Resource Allocator)

13. Memotivasi dan Memimpin Anggota Tim Menuju Sukses (Leader as an Inspirator)

14. Membangun dan Mengembangkan Kompetensi Anggota Tim (Leader as a Competency Developer)

15. Peran Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Kepemimpinan yang Berkinerja Unggul

  • Etika Sosial, Agama dan Hukum dalam Komunikasi
  • Kebutuhan dasar emosi manusia dalam Komunikasi
  • Membangun Kemampuan Empathy
  • Emosi dari Sudut Pandang Psikologi
  • Prinsip Dasar Emosi
  • Problematika Emosi dalam Komunikasi
  • Emosi reaktif dan emosi proaktif dalam komunikasi

16. Membangun Agenda Aksi untuk Mengembangkan Kepemimpinan yang Kredibel

Training Method

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

Facilities

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Jogja only)

Form Registrasi Pelatihan / Training

Jika anda berkeinginan untuk mengikuti Pelatihan Communication & Leadership Skills, anda bisa langsung menghubungi salah satu nomor kami di bawah ini:

  • (0274) 4291-355 (08:00 – 16:00)
  • 0811 2938 847

Anda juga bisa langsung mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini:

Communication & Leadership Skills
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!